Mengenal Internet Of Things (Iot)

Linux

Thursday, 5 July 2018 | 01:22 WIB

Rounded Image

Sering sekali kita mendengar kata IoT atau Internet of Things, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Internet of Things ini.



Apa itu Internet of Things?

Dilansir dari postingan Declan di Medium.com Internet of Things atau biasa di sebut IoT, mengarah pada objek  sehari-hari yang terhubung ke internet. seperti smart home device, dan perangkat wearables. 

Kini dengan perangkat IoT kita dapat mengontrol akses ke pintu rumah kita menggunakan aplikasi di smartphone kita, lalu dokter dapat memasang perangkat nirkabel yang dapat membantu dia dalam mengawasi pasien yang menderita penyakit kronis.

Sejatinya perangakat Internet of Things ini membantu kita dalam menyelesaikan tugas sehari-hari yang biasa kita lakukan.

Ada beberapa kota di Dunia yang menerapkan Internet of Things dalam mengontrol kegiatan di perkotaanya. Misalnya di Las Vegas menggunakan sensor di persimpangan dengan kombinasi machine learning untuk mengoptimalkan arus lalu lintas. Lalu di India memantau tingkat polusi di Sungai Gangga menggunakan Sensor, Cloud, dan Big data untuk meningkatkan kualitas air. Sementara itu walikota London memiliki aspirasi untuk menjadikan London sebagai kota pintar yang terkemuka dengan menerapkan data untuk meningkatkan trasnportasi dan sektor kesehatan.

Berbicara tentang Internet of things, tentu saja harus memperhatikan kondisi pasar yang menjadi konsumen Internet of Things. menurut Pew Research Center pada tahun 2017 ada sekitar 8,4 Miliar perangkat yang terhubung ke internet dan pasar pada saat itu bernilai $ 170,57B. dan akan terus berkembang hingga saat nanti.

Nah bagaimana sih IoT bisa bermanfaat untuk kita? sebagian besar pasar IoT sedang di dorong oleh perusahaan-perusahaan besar agar terus berkembang, tetapi banyak juga organisasi non-profit dan charities yang menggunakan IoT. dan ketika kita berfikir seperti pertanyaan tadi maka sulit untuk kita menemukan bidang/sektor apa yang mana perangkat Internet of Things tidak bisa memberi manfaat kepada Orang, Hewan, dan lingkungan hidup secara positif. tetapi pada kesempatan ini kami akan membahas 5 Cara IoT memberikan efek positive untuk kita:

Menyelamatkan Nyawa

Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang menjadi investasi terbesar IoT pada bidang ini biasa di sebut Internet of Medical Things (IoMT). Banyak perangkat IoT yang membantu menyelamatkan nyawa kita seperti Fitbit atau Garmin yang melacak langkah dan pola tidur kita, agar kita memiliki pola hidup yang sehat, serta pada tenaga medis profesional dapat menggunakan perangakt IoT untuk memonitor dan melacak kesehatan pasien mereka di luar rumah sakit. IoT juga dapat digunakan untuk meningkatkan layanan darurat.

Ruppiner Kliniken merupakan rumah sakit terkemuka di Jerman, rumah sakit ini telah berkerja sama dengan Microsoft untuk membantu orang yang bermasalah dengan jantung untuk hidup lebih lama. Ahli jantung  membutuhkan data pasien seperti pembacaan EKG dan pengukuran tekanan darah selama waktu yang sangat panjang. Karena hal itu 37 Organisasi berkumpul untuk membangun perangkat IoT yang menggunakan Fitnes band dan sebuah sensor kecil untuk menangkap data ini. Pekerjaan ini bukan hanya menyelamatkan nyawa tetapi juga menurunkan biaya perawatan kesehatan dna menyediakan perawatan medis di tempat-tempat terpencil dan terbelakang.

Meningkatkan Dana

Di inggris terdapat beberapa titik yang mana kalian bisa beramal atau menyumbang dengan hanya menempelkan kartu, jam tangan pintar, dan smartphone kalian saja. ini di pelopori oleh Cancer Research UK dan jika ini di terapkan oleh banyak organisasi tentu saja ini akan mempermudah orang dalam beramal karena sangat mepermudah kita seperti kita membayar tol dengan kartu E-Tol yang hanya sekali tapping saja.

Mempengaruhi Perilaku Kita

Perangkat IoT dapat membantu mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik, baik itu seperti jam tangan pintar yang mendorong kita untuk bangun dan berjalan sedikit lebih jauh untuk membakar kalori, atau sebuah mainan yang terhubung ke internet yang dapat membantu seorang anak mengembangkan keterampilan membaca dan menghitungnya.

Pada 2017, CRUK menciptakan sebuah kemampuan yang di tanamkan pada Amazon Alexa yang memungkinkan pengguna untuk melacak konsumsi alkohol mereka untuk meningkatkan kesadaran akan hubungan antara kanker dan alkohol. Fitur itu disebut My Alcohol Trackeer yang juga memberikan tips tentang cara mengurangi minum alkohol dan meminta pengguna untuk menetapkan batas dalam mengkonsumsi alkohol.

Membantu Manusia untuk Mengakses Tempat yang Sulit di Jangkau

Banyak organisasi yang bekerja keras untuk menjangkau sebuah tempat, perangkat yang terhubung ke Internet seperti kamera, sensor, dan monitor dapat membuat jaringan digital dan dapat bertindak sebagai pengumpul data konstan. Ini dapat diartikan bahwa manusia tidak berada dimana-mana pada waktu yang sama karena kita bisa memberikan sebagian pekerjaan kita kepada mesin saja.

Orang di Rainforest Connection mencoba untuk mengatasi pemburuan hewan ilegal dan penggundulan hutan menggunakan teknologi konservasi. mereka menggunakan sistem pemantau pada area tertentu. memungkinkan pengguna merespon secara real-time, dan secara bersamaan dapat memanfaatkan data ekosistem dalam jumlah besar, pada dasarnya ini akan membantu perlindungan, karena pengguna dapat di beritahu ketika pemburu ata penebang memasuki area yang dilindungi dan mereka dapat langsung menuju ke sana untuk mengatasi penjahat-penjahat tersebut.

Melibatkan Banyak Orang sebagai Pendukung

Perangkat IoT dapat melibatkan para pendukung yang ingin membantu tetapi tidak memiliki sesuatu untuk di sumbangkan atau tidak bisa menjadi volunter tetapi karena perangkat ini terhubung ke web maka siapa saja bisa membantu kapan saja, dimana saja setiap hari.

contohnya, The Plastic Tide memiliki misi "Memanfaatkan Teknologi Drone dan Algoritma Canggih untuk Membuat Peta Tentang Masalah Polusi Plastik". Mereka baru saja meluncurkan DRAMET sampah laut mereka yang mana menggunakan kamera yang di pasang pada drone untuk mengambil ribuan foto dari udara yang akan memberikan feedback ke AI yang dapat mengenali sampah plastik. nah Masyarakat dapat membantu dengan pergi ke situs web untuk membantu menandai gambar plastik yang akan meningkatkan kemampuan AI membedakan sampah laut dan kehidupan laut.

 

Kesimpulannya, tentu saja ada banyak lagi hal yang bisa di lakukan perangkat Internet of Things dalam mempermudah kehidupan kita.

 

Referensi: medium.com

 

 

 

 



Dimas Subaktianto
"Belajarlah dari kesalahan untuk mendapatkan kesuksesan"
Rounded Image 10 Alasan orang-orang menggunakan Konten Bajakan

Latar Belakang Internet dalam beberapa puluh tahun kebelakang merupakan sesuatu yang tak asing bagi kita, melalui internet kita bisa mendapatkan ba.. Read More ..


Rounded Image Special Gathering KSL-UR - ioT (Internet Of Things)

Special Gathering - Kelompok studi Linux Universitas Riau - ioT - internet of things .. Read More ..


Rounded Image Live streaming Gathering ioT KSL UR oleh pak Aidil Fitriansyah

Yuk Mari Simak Live Streaming Gathering ioT.. Read More ..


Rounded Image cara mengecek ip di linux ubuntu

ip atau internet protocol merupakan alamat suatu komputer dalam sebuah jaringan.. Read More ..




Your Comment

Name *


Email *


Comment *


About Us

Kelompok Studi Linux Universitas Riau atau KSL UR adalah komunitas pengguna sistem operasi GNU/Linux dan penggiat sumber terbuka beranggotakan mahasiswa aktif / non-aktif, civitas akademika dan alumni dari Universitas Riau.

Follow Us


Location