Perbedaan antara Codeigniter 3 dan Codeigniter 4 | Tutorial CI4

Codeigniter 4

Friday, 22 May 2020 | 07:50 WIB

Rounded Image

Sebagai pembaruan dari versi 3 CI 4 memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan



Pembaruan dari versi 3 ke versi 4 ini memakan waktu yang sangat panjang sekali, yaitu memakan waktu 5 tahun 1767 hari.

Itu merupakan jangka waktu yang sangat panjang untuk pembaruan sebuah framework. bisa dilihat bahwa dalam jangka waktu tersebut sudah 8 versi PHP dirilis dan telah muncul beberapa framework PHP yang baru.

dari framework yang sangat utama di dunia pemograman PHP menjadi framework yang paling ketinggalan jaman. tapi semua tak berhenti sampai di versi 3, terima kasih kepada Ellislab yang telah menyerahkan estafet ke BCIT sebagai penerus yang bertaggung jawab mengembangkan Codeigniter. dan tentu saja terma kasih kepada Jim Perry (in memorian) serta komunitas yang sangat berdedikasi sehingga Codeigniter 4 berhasil melauncing versi Alpha-nya pada 28 September 2018.

untuk mengenang jasa Jim Perry, pada 24 Februari 2020 yang bertepatan dengan ulang tahun Jim Perry akhirnya Codeigniter 4 dirilis.

Baik mari kita masuk ke topik utama artikel kita kali ini, yaitu perbedaan antara Codeigniter 3 dan Codeigniter 4.

1. Instalasi

yang paling pertama kali dirasakan perbedaannya adalah pada proses instalasi-nya, dimana pada codeigniter 3 kita hanya bisa melakukan proses instalasi dengan cara mendownload file codeigniternya lalu memindahkan folder Codeigniter tersebut ke dalam web server kita dan voilaaa Codeigniter 3 berhasil terinstal. nah berbeda pada Codeigniter 4 ini, kini semakin banyak cara installasi yang disertakan. antara lain:

Melalui Composer

dengan menggunakan composer ini dapat memudahkan kita ketika ada beberapa komponen pada Codeigniter yang berubah nanti atau ada update kita tinggal update Codeigniter proyek kita melalui composer.

Instalasi Manual

cara ini sama dengan cara installasi CI 3

2. Memiliki Local development server

dengan fitur ini kita bisa menjalankan proyek tanpa meletakkannya di dalam local web server kita. cara menggunakan fitur ini adalah dengan mengetikkan perintah berikut melalui terminal pada direktori proyek kita

php spark serve

untuk mengaksesnya bisa melalui http://localhost:8080/

Sedangkan pada CI 3 kita tidak diberikan fitur ini sehingga folder proyek kita harus berapa pada local web server kita

3. Versi PHP Minimum

Jika pada CI 3 versi PHP minimum yang didukung adalah PHP 5.6 Ke atas. Nah pada CI 4 ini versi minimum PHP yang harus kita gunakan ini adalah PHP versi 7.2

Keuntungannya aplikasi yang kita bangun akan memiliki performa yang sangat baik dan mengikuti standart pemograman terbaru.

4. Struktur Folder

Struktur folder CI 3 dan CI 4 cukup berbeda

berikut perbedaan struktur folder antar ci 3 dan ci 4

di atas merupakan struktur folder ci 3

sedangkan di bawah ini merupakan struktur folder ci 4

dengan struktur yang baru ini, aplikasi yang kita buat akan menjadi lebih aman.

5. Menggunakan Namespace

CI 4 kini menggunakan namespace untuk menghindari ambigu pada sistem jika kita menggunakan library pihak ketiga. Sedangkan pada CI 3 belum menggunakan Namespace

6. Autoload yang lebih canggih

dengan standart yang baru CI 4 memiliki autoload yang lebih baik dari pada CI 3

7. Memiliki File .ENV

dengan file .env ini kita bisa mengkonfigurasi Codeigniter kita dengan lebih mudah, karena konfigurasi seperti Base URL, Koneksi ke database bisa dilakukan melalui satu file ini saja.

8. Memiliki CLI

memudahkan kita untuk melakukan beberapa hal, seperti membuat cron job, dll.

ini akan memudahkan kita mengintegrasikan aplikasi kita dengan aplikasi lain

9. Memiliki Fitur REST

dengan source Route kita bisa membuat REST API dengan CI karena kita bisa melakukan ROUTING dengan menggunakan metode RESTful. ditambah CI memiliki fitur http scope.

itulah beberapa perbedaan antara Codeigniter 3 dan Codeigniter 4.

 



Dimas Subaktianto
"Belajarlah dari kesalahan untuk mendapatkan kesuksesan"
Rounded Image Pengenalan PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor dan merupakan bahasa pemrograman yang di desain khusus untuk web development atau pengembangan web... Read More ..


Rounded Image Kubuntu 18.04 LTS Sistem Operasi yang User Friendly

KUBUNTU Kubuntu 18.04 baru saja dirilis pada 26 April 2018 kemarin. versi yang dirilis merupakan versi LTS yang akan di dukung selama 3 tahun o.. Read More ..


Rounded Image Tutorial Installasi Ubuntu 18.04 LTS

Instalasi Ubuntu 18.04 LTS Halo sahabat KSL sekarang penulis ingin memberikan tutorial cara menginstal ubuntu 18.04 pada komputer kalian, silah.. Read More ..


Rounded Image Dokumentasi Acara Buka Bersama Ikatan Alumni Ilmu Komputer

​​​​​​ [ NEWS ] Kelompok Studi Linux - Universitas Riau Alhamdulillah kelompok studi Linux Universitas Riau diundang untuk mengah.. Read More ..


Rounded Image Situs - Situs Penyedia Kursus Online Pemograman Web Lengkap dan Gratis

Dibawah ini merupakan list beberapa penyedia kursus online pemograman yang gratis khususnya jika ingin mendalami atau mulai belajar pemograman web da.. Read More ..




Your Comment

Name *


Email *


Comment *


About Us

Kelompok Studi Linux Universitas Riau atau KSL UR adalah komunitas pengguna sistem operasi GNU/Linux dan penggiat sumber terbuka beranggotakan mahasiswa aktif / non-aktif, civitas akademika dan alumni dari Universitas Riau.

Follow Us


Location