Memahami Konsep Model View Controller / MVC di Codeigniter 4 | Tutorial CI 4

Codeigniter 4

Monday, 25 May 2020 | 16:26 WIB

Rounded Image

Codeigniter 4 masih menggunakan konsep MVC pada frameworknya, mari kita bahas



Ada baiknya aplikasi yang kita buat harus memiliki struktur kode yang membuat kita lebih mudah untuk menemukannya dan melakukan maintain.

Seperti web framework kebanyakan, Codeigniter 4 menggunakan patern Model, View, Controller (MVC) untuk meng-organisir file.

ini akan membuat data, tampilan, dan alur dari aplikasi terpisah menjadi beberapa bagian.

Models

Models berfungsi untuk memanajemen data dari aplikasi dan membantu dalam melaksanakan business rules khusus yang aplikasi butuhkan

Views

Views adalah sebuah file yang terdapat sedikit atau bahkan tidak ada logika di dalamnya dan berfungsi untuk menampilkan informasi ke user

Controllers

Controller bertindak layaknya sebagai pemersatu/penghubung/jembatan arus bolak balik antara tampilan dan penyimpanan data.

Pada dasarnya Controller dan Models hanyalah sebuah class yang memiliki tugas tertentu. ketiga class inilah yang membentuk framework ini disamping ada beberapa class lain yang bisa kita gunakan.

Berikut akan penulis jabarkan lebih detail lagi tentang MVC pada codeigniter 4 ini

Views

merupakan file yang paling sederhana dari sebuah aplikasi dimana hanya terdapat sedikit kode php disini, jikalaupun ada itu hanya berfungsi untuk menampilkan konten dari sebuah variabel atau mengulangi beberapa item yang akan ditampilkan pada sebuah tabel

Views memperoleh data dari Controllers yang mengirimkan variabel ke views sebagai variabel yang dapat ditampilkan dengan echo.

File views disimpan pada direktori

/app/Views

 

Models

berperan untuk memaintain sebuah type data untuk aplikasi, seperti data users, data postingan blog, data transaksi, dan lain-lain. pada kasus ini models memiliki dua tugas yaitu melaksanakan business rules pada data yang diambil dari atau dikirimkan ke database, dan mengurusi penyimpanan data atau pengambilan data dari database

File models di simpan pada direktori

/app/Models

 

Controllers

controller memiliki beberapa perbedaan fungsi untuk dijalankan. biasanya tugas controller adalah menerima input dari user dan menentukan apa yang akan dilakukan oleh aplikasi terhadapt input tersebut. seperti mengirim data dari input ke models untuk disimpan atau mengambil data dari models untuk di tampilkan ke views. ringkasnya Controller merupakan tempat dimana developer bisa mengatur siapa saja yang berhak mengakses dan mendapatkan data sesuai dengan format yang digunakan.

FIle Controllers disimpan pada direktori

/app/Controllers


Dimas Subaktianto
"Belajarlah dari kesalahan untuk mendapatkan kesuksesan"
Rounded Image Kubuntu 18.04 LTS Sistem Operasi yang User Friendly

KUBUNTU Kubuntu 18.04 baru saja dirilis pada 26 April 2018 kemarin. versi yang dirilis merupakan versi LTS yang akan di dukung selama 3 tahun o.. Read More ..


Rounded Image Review Kali Linux 2018

Latar Belakang Kali Linux mendapatkan kepopulerannya beberapa waktu yang lalu, ini membuat kegiatan peretasan menjadi populer lagi pada budaya .. Read More ..


Rounded Image Tutorial Installasi Ubuntu 18.04 LTS

Instalasi Ubuntu 18.04 LTS Halo sahabat KSL sekarang penulis ingin memberikan tutorial cara menginstal ubuntu 18.04 pada komputer kalian, silah.. Read More ..


Rounded Image Tutorial Membuat Hotspot Menggunakan Wifi di Linux

Tutorial: 1. Lakukan tutorial ini pada os Linux kalian, (Tested di UBUNTU 16.04) 2. Buka terminal dan arahkan ke Directory download dengan cara .. Read More ..


Rounded Image Tutorial Instalasi Debian 9

Debian merupakan salah satu distro linux yang populer di kalangan pengguna linux.. Read More ..




Your Comment

Name *


Email *


Comment *


About Us

Kelompok Studi Linux Universitas Riau atau KSL UR adalah komunitas pengguna sistem operasi GNU/Linux dan penggiat sumber terbuka beranggotakan mahasiswa aktif / non-aktif, civitas akademika dan alumni dari Universitas Riau.

Follow Us


Location